Indonesia Website Awards

5 Ide Dan Strategi Tata Ulang Ruang Cuci Supaya Gak Membosankan

antariksagroup.com – Jika mencuci pakaian terasa membosankan, salah satu masalahnya mungkin ada di dekorasi ruang cucinya. Desainer biasanya membiarkan ruangan ini polos dan berfungsi minimal. Rumah yang lebih tua sering kali memiliki ruang cuci di sudut rumah, pencahayaan yang buruk, lantai beton, dan tidak ada tempat untuk menggantung pakaian atau menyimpan kebutuhan cucian.

Renovasi ruang cuci lebih mudah, murah, dan tidak terlalu rumit daripada merombak area lain di rumah. Pasokan air dan drainase mudah digunakan karena mesin cuci dan pengering sudah dipasang. Material renovasi cenderung berbiaya rendah dan sederhana. Dan karena ruang cuci adalah periferal, renovasi tidak mengambil ruang inti, seperti dapur atau kamar mandi.

Berikut 5 strategi yang bisa dipahami sebelum memulai renovasi ruang cuci, dikutip dari The Spruce :

1. Pasang Lantai yang Nyaman

Contoh papan vinil

Lantai polos, baik lantai beton atau tidak tertutup, bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilalui atau menghabiskan waktu berdiri di atasnya. Lantai beton atau semen seperti itu membuat suasana ruangan menjadi suram.

Jika penutup lantai rumah tidak sampai ke ruang cuci, tutupi ruang cuci dengan penutup lantai yang bagus, murah, dan tahan air. Papan vinil dan lantai ubin keramik bisa tahan air. Hindari memasang lantai yang tidak tahan kelembaban seperti kayu keras.

2. Tambahkan Pencahayaan yang Ditingkatkan

Pencahayaan redup membuat pemilik rumah lebih sulit melakukan pekerjaan, dan banyak dari mereka menganggap pencahayaan fluoresen tidak menyenangkan. Ubah satu lampu langit-langit menjadi serangkaian lampu tersembunyi yang ditempatkan dengan cerdas. Lampu fluoresen itu dapat dilepas dan diganti dengan lampu track, lampu tersembunyi, atau dengan lampu langit-langit flush-mount yang menarik.

3. Buat Permukaan untuk Melipat atau Setrika Baju

Lipat, setrika, dan selesaikan cucian sebelum mengeluarkannya dari ruang cuci. Di ruang cuci besar, segera atasi masalah dengan membeli meja permanen. Ruang cuci yang lebih kecil lebih baik disajikan dengan meja yang bisa dilipat ke bawah dari dinding. Dipasang di satu ujung dengan engsel, ujung lainnya memiliki kaki meja lipat untuk penyangga tambahan.

4. Bangun Rak dan Penyimpanan Cucian

Sebagian besar pemilik rumah dengan ruang cuci terpisah mengatakan bahwa mereka ingin memiliki penyimpanan dan lemari pengorganisasian yang lebih baik. Kemungkinan termasuk: lemari dinding dipasang setinggi bahu, rak kantilever untuk barang ringan, lemari kaca tinggi bergaya pantry, keranjang cucian beroda yang diselipkan di bawah meja, lemari dinding tanpa pintu, atau rak gantung untuk perlengkapan cucian.

5. Pasang Wastafel Serbaguna

Tidak banyak yang menyadari kegunaan wastafel di ruang cuci. Dengan memasang wastafel, pemilik rumah dapat mencuci pakaian berlumpur dan sangat kotor sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Mereka bisa merendam atau mengolah barang-barang di wastafel ini. Bisa juga untuk kegiatan lain, mulai dari membersihkan pot hingga mencuci kuas.

Wastafel biasanya dapat dipasang di ruang cuci dengan relatif mudah. Alasannya? Selain kamar mandi, inilah salah satu ruangan di rumah yang dijamin memiliki suplai air dan saluran drainase.

 

Artikel ini telah tayang di :
https://economy.okezone.com/read/2021/05/15/470/2410394/5-langkah-menata-ulang-ruang-cuci-di-rumah?page=2

Bagikan :