Indonesia Website Awards

10 Model Rumah Tertua di Dunia

ANTARIKSA – Model rumah sekarang ini didominasi oleh rumah-rumah bergaya arsitektur minimalis dan modern. Namun, 50 tahun yang lalu, model rumah klasiklah yang sangat populer. Di 50 tahun yang akan datang, tren model rumah juga akan berganti lagi. Lalu seperti apa model rumah 200 tahun lalu atau ribuan tahun yang lalu? Arsitektur bangunannya jelas sangat berbeda dengan masa sekarang.

Pada mulanya, manusia hanya memodifikasi batuan yang tersingkap di alam menjadi tempat tinggal mereka. Kemudian manusia mulai membangun rumahnya sendiri dari bebatuan tersebut, sampai mereka pun beralih ke material bangunan yang lain. Model rumah pada awalnya berbentuk iregular. Seiring berkembangnya zaman, bentuknya kian simetris dan tegas.

Melalui 10 model rumah tertua di dunia ini, kamu bisa melihat perubahan rumah dari masa ke masa sambil melihat evolusi struktur bangunan rumah dari ribuan tahun yang lalu sampai abad ke-19.

1. Model Rumah Batu, Knap of Howar, Skotlandia

google.com

Rekor rumah tertua yang ada di dunia dipegang oleh Knap of Howar, sebuah model rumah yang tersusun dari bebatuan yang berasal dari zaman Neolitikum. Model rumah batu ini dibangun pada tahun 3.500 Sebelum Masehi (SM), berarti umurnya sekarang sekitar 5.000 tahun.

Model rumah batu ini terdiri atas dua struktur bangunan dengan tinggi 1,6 meter. Interior dari model rumah batu ini terdiri atas tiga ruangan, yaitu ruang utama yang dihuni, ruang penyimpanan, dan dapur. Seorang arkeologis bernama Anna Ritchie menyatakan Knap of Howar telah ditinggali oleh manusia selama 900 tahun.

2. Model Rumah Gua, Kampung Meymand, Iran

dailymail.co.uk

Di tempat kedua ditempati oleh model rumah gua yang terletak di Kampung Meymand, Iran. Perkampungan ini mulai dihuni oleh manusia sekitar 3.000 tahun yang lalu, walau umur dari batuan penyusunnya sendiri sudah berkisar 12.000 tahun. Rata-rata rumah gua di Meymand memiliki ketinggian 2 meter dengan luasan 16-20 m².

Model rumah gua ini tidak memiliki jendela dan cerobong udara, tetapi rumah ini tersusun atas batuan sedimen yang kokoh serta ditopang pilar-pilar di bagian dalam bangunan yang memiliki desain memikat.

Terletak di dataran tinggi, model rumah gua ini dikenal sebagai tempat persinggahan suku nomaden, kelompok orang yang berpindah-pindah hidupnya, pada saat musim panas tiba.

3. Model Rumah Gua, Kandovan, Iran

dailymail.co.uk

Kandovan yang terletak di sebelah barat laut Iran, merupakan pemukiman gua terbesar yang ada di dunia. Model rumah gua ini telah berumur 800 tahun dan sekarang ini pemukiman gua Kodovan masih ditinggali oleh 168 keluarga. Gua-gua ini terbentuk dari aktivitas volkanik Gunung Sahand yang terjadi beratus-ratus tahun yang lalu.

Batuan beku yang menjadi jenis bahan bangunan model rumah gua ini efisien dalam menyimpan energi, membuat suhu di dalam rumah menjadi dingin saat musim panas dan menjadi hangat pada saat musim dingin.

4. Model Rumah Pasir, Acoma Pueblo, New Mexico

dailymail.co.uk

Acoma Pueblo merupakan pemukiman tertua di Amerika Utara yang telah berusia hampir 1.000 tahun. Pemukiman ini dibangun di atas lanskap batu pasir dengan ketinggian mencapai 100 meter. Model rumah di Acoma Pueblo memiliki bentuk persegi, tersusun dari batu pasir dengan desain asli dari kebudayaan suku Anasazi.

Orang-orang Anasazi kemudian meninggalakan bangunan ini karena adanya perubahan iklim dan persengketaan sosial antar suku. Sekarang ini, hanya ada 50 orang yang masih bermukim disana, tidak adanya sistem saluran air dan listrik membuat model rumah pasir di Acoma Pueblo tidak layak untuk ditinggali lagi.

5. Model Rumah La Maison De Jeanne, Aveyron, Prancis

pinterest.com

Rumah dengan tampilan material ekspos ini dibangun pada abad ke-13 dan diberi nama La Maison De Jeanne. Model rumah ini dibuat berundak-undak, semakin luas ke atas,  untuk menghindari pajak bangunan yang tinggi. Pada saat itu, pajak dihitung dari seberapa besar lahan permukaan yang digunakan untuk sebuah rumah. Saat ini, model rumah tua ini menjadi destinasi wisata nomor 1 di Aveyron, baik wisata digital maupun wisata kunjungan langsung.

6. Model Rumah Menara, Thoor Ballylee, Irlandia

yeatsthoorballylee.org

Model rumah menara yang dibangun pada abad pertengahan ini, lebih tepatnya abad ke-16, pernah dimiliki oleh seorang sastrawan, William B. Yeats. Sehingga rumah ini dikenal juga dengan nama Yeats Tower. Model rumah menara ini memiliki empat lantai dengan satu kamar disetiap lantainya. Lantai-lantai terhubung dengan tangga berbentuk spiral yang berdesain megah.

Model jendela-jendela pada model rumah menara ini terbuka langsung ke arah Sungai Streamstown, yang mengalir di pinggir Thoor Ballylee. Selain interior rumah yang memukau, Yeats Tower juga memiliki fitur eksterior berupa jembatan yang meiliki struktur kaki melengkung, menenangkan air sungai yang megalir di bawahnya sekaligus menciptakan kesan pedesaan yang tenang.

7. Model Rumah Eropa, Villa Almerico Capra, Italia

Foto. ID: F0016055

google.com

Hunian dengan arsitektur rumah gaya Eropa ini di desain oleh Andrea Palladio, seorang arsitek di zaman  zaman Rennaissance, sehingga rumah ini dikenal sebagai simbol dari zaman pembaruan seni di Italia. Model rumah ini memiliki bentuk bangunan yang simetris dengan serambi yang terletak pada keempat sisinya. Setiap serambi dikelilingi patung-patung dewa yang dipahat langsung oleh beberapa seniman zaman Rennaissance.

Pada model rumah ini, kamar utamanya terletak di lantai dua. Bagian yang paling khas dari interior model rumah Eropa ini adalah ballroom dengan atap lengkung yang megah. Andrea tidak berhasil menyelesaikan bangunan Villa Almerico Capra ini, seorang arsitek lain meneruskan pembangunannya dari rancangan dasar bangunan yang sudah ada.

8. Model Rumah Klasik, Anne Frank House, Belanda

tripadvisor.com

Rumah yang menjadi tempat persembunyian Anne Frank dan keluarganya pada saat Perang Dunia II ini dipercaya sebagai salah satu rumah tertua yang ada di dunia. Para sejarahwan memperkirakan model rumah klasik ini dibangun pada tahun 1635. Dirk van Dleft, sang arsitek, membagi rumah ini kedalam tiga bagian, yaitu ruang tamu utama, tempat menggiling rempah-rempah, dan gudang.

Setiap ruangan pada rumah ini menyimpan kenangan tentang masa-masa persembunyian Anne yang kelam dari tentara Nazi. Sekarang, rumah ini menjadi museum yang menjadi salah satu pusat wisata di kota Amsterdam. Tidak hanya memajang barang-barang milik Anne Frank, museum tersebut juga menyimpan foto-foto, video, dan dokumen milik korban peristiwa Hollocaust. Ada satu ruangan tersembunyi di tempat ini yang pintunya sengaja dibuat berupa rak buku.

9. Model Rumah Tropis, Finca Vigia, Kuba

washingtonpost.com

Terletak 11 km dari ibu kota Kuba, Havana, model rumah tropis ini pernah dimiliki oleh seorang penulis ternama, Ernest Hemingway. Finca Vigia ini dibuat pada tahun 1886 oleh seorang arsitek yang berasal dari Spanyol bernama, Miguel Pascual Baguer. Rumah ini diisi barang-barang penginggalan Ernest, mulai dari furnitur sampai lukisan.

Model rumah ini dirancang menyesuaikan iklim Kuba yang tropis, dengan warna putih melingkupi keseluruhan eksterior rumah. Sekarang ini, rumah tersebut beralih fungsi sebagai museum. Pengunjung tidak dapat melihat bagian dalam model rumah tropis ini secara langsung, mereka hanya bisa mengintipnya dari luar.

10. Model Rumah Victoria, Mark Twain House & Museum, Amerika Serikat

pinterest.com

Rumah tertua yang terakhir ini juga dimiliki oleh seorang sastrawan asal Amerika Serikat, yaitu Mark Twain. Secara keseluruhan model rumah ini didesain dengan arsitektur bergaya Victorian yang bentuk massa bangunanya menyerupai perahu.

Arsitek asal New York, Edward Tuckerman, membangun rumah ini di tahun 1874 dengan mengusung tema gotik yang kuat, terlihat dari pemilihan warna dan ornamen pada dinding bangunan. Termasuk atap yang dibuat curam dan struktur asimetris pada jendela utama.

Setiap model rumah tertua di dunia ini memiliki ceritanya masing-masing. Dari segi desain dan arsitektur bangunannya, tergambar bagaimana peradaban manusia kala itu yang berperan terhadap perkembangan dunia arsitektur dan desain saat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Berumur Ribuan Tahun, Inilah 10 Model Rumah Tertua di Dunia!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :